Sejarah Kapstra

S
[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”907″ img_size=”large”][vc_column_text]Ciri kusus dalam dunia ilmu sosial adalah rentan mengalami perubahan. Teori-teori yang ada tidak bisa menjadi patokan dalam jangka waktu lama. Terdapat suatu modifikasi unsur keilmuan yang disesuaikan dengan hakikat zaman dan keadaan masyarakat. Sehingga tak jarang muncul terminologi baru dalam kazanah ilmu sosial di Indonesia sebagai “buah” dari aktivitas intelektual.

Sosiatri sebagai cabang ilmu sosial, kiranya tak luput dari apa yang kita sebut sebagai fenomena “transformasi akademik”. Perubahan namanya menjadi “Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan” ialah bukti tegas keberpihakan salah satu cabang keilmuan sosial ini dalam menjangkau studi yang termaktub di dalam kurikulum dasarnya. Gadjah Mada sebagai kampus yang melahirkan Ilmu Sosiatri, kini kembali menjadi saksi lahirnya Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSDK) sebagai pengganti dari Ilmu Sosiatri yang telah lama memberikan warna lewat basis ilmu tersendiri sejak 1957.

Korps Mahasiswa Ilmu Sosiatri (KOMATRI), satu satunya badan otonom mahasiswa di dalam jurusan ini pun melakukan pembenahan unsur kelembagaan sebagai respon atas perubahan nama jurusan. Ide pembaharuan nama organisasi menjadi satu hal yang dianggap penting dalam menjalin sinergitas dengan pihak jurusan maupun fakultas. Akhirnya, tepat pada tanggal 1 April 2011 secara resmi KOMATRI berganti nama menjadi KAPSTRA (Keluarga Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahatreaan) melalui Musyawarah Istimewa KOMATRI 2011.

Nama beserta lambang baru yang menjadi simbol mahasiswa PSDK tersebut tidak lahir bagitu saja. Mekanisme yang dihadirkan pada saat itu begitu demokratis. Setiap mahasiswa maupun dosen diperkenankan untuk memberikan usulan nama maupun logo lembaga. Namun pada akhirnya dari berbagai usulan tersebut hanya satu yang terpilih melalui persetujuan bersama. Nama “KAPSTRA” sendiri adalah ide dari Rahmat Hidayat, mahasiswa PSDK angkatan 2008, sedangkan gambaran logo merupakan goresan tangan Gayus Hendariyanto , mahasiswa PSDK angkatan 2009.

Rabu 25 Mei 2011 bertepatan dengan Seminar Nasional Perburuhan yang diadakan oleh mahasiswa PSDK , secara simbolik nama organisasi ini kembali diresmikan melalui pemotongan”tumpeng” oleh Dekan FISIPOL UGM yang pada saat itu diwakili oleh WD III Bidang Kemahasiswaan, Dr.Phil Hermin Indah Wahyuni. Peresmian ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta seminar, sehingga banyak harapan yang bermunculan agar kemudian KAPSTRA mampu terus berkarya untuk kampus, masyarakat dan bangsa.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

@kapstra

Jelajah Kapstra

Taksonomi